Selamat Datang

Selamat datang dan selamat menikmati hidangan otak Anda. Blog ini khusus dirancang untuk Anda yang siap melahap dan mencari gizi-gizi buku yang bermakna.

Kamis, 11 Desember 2008

Aisyah Nikah Muda Bukan Mitos

Judul Buku : Aisyah Saja Nikah Dini!

Penulis : Ummu Aisyah

Penterjemah : Minanurrohman

Penerbit : Solo, Samudera

Tahun Terbit : Januari, 2008

Halaman : 104 Halaman


Apakah Anda termasuk orang yang meragukan Aisyah ra. dinikahi Rasulullah saat berusia 6 tahun? Atau, Anda termasuk orang yang percaya bahwa Aisyah ra. dinikahi di usia belia, tapi tidak tahu dalilnya? Atau bahkan, Anda percaya pernikahan Aisyah-Rasulullah, tapi ingin tahu cara membantah pendapat para orientalis yang menuduh Rasulullah sebagai pemilik libido tinggi dan mengalami kelainan seksual lantaran menikahi wanita berusia muda? Serentang pertanyaan tentang pernikahan Aisyah di usia muda tampaknya tidak akan mampu menggiring umat Islam untuk mengakui pernikahan Aisyah di usia muda adalah mitos. Ummu Aisyah dalam bukunya “Az-Zawaj Al-Mubakkir” yang diterjemahkan dengan judul “Aisyah Saja Nikah Dini!” mampu membendung klaim-klaim yang menyudutkan Rasulullah Saw. atau menggoyahkan keyakinan umat Islam tentang pernikahan Rasulullah-Aisyah.

Di antara bantahan Ummi Aisyah terhadap klaim-klaim negatif terhadap pernikahan Rasulullah-Aisyah adalah, kaum Quraisy yang selalu menunggu event-event yang tepat untuk memprovokasi umat agar menganggap Rasulullah Saw. adalah salah, keliru dan hanya akan membawa pada kehinaan, tidak memanfaatkan event in untuk kepentingan tersebut, namun menerimanya seperti hal yang lumrah. Selain itu, Aisyah bukanlah wanita pertama yang menikah pada umur muda dan juga bukan yang terakhir. (hal.40-41)

Dalam buku ini, penulis menyusun bab per-bab dengan apik dan saling memiliki keterkaitan. Diawali dengan menceritakan pensyariatan pernikahan dini melalui pernikahan Rasulullah dengan Aisyah, kapan status jariyah berubah menjadi imra’ah hingga Apa saja rahasia dibalik pernikahan Rasullah dengan Aisyah. Setelah penguraian yang cukup dalam tentang problema pernikahan Rasulullah-Aisyah, penulis pun menyingkapkan tabir rahasia pernikahan dini dengan menyelami rahasia Aisyah nikah di usia muda.

Tak cukup hanya itu, penulis pun merespon tanggapan miring tentang pernikahan dini. Di antaranya klaim bahwa di usia belia, otak seorang wanita belum matang dan tak akan mampu menanggung beban pernikahan. Menurut penulis, Anggapan di atas sangat salah, karena seorang perempuan ketika sudah mulai merambah pada usia baligh, sudah dapat diterka bagaimana dia ke depan. Jika memang berkualitas dari kecil pun sudah kentara, dan demikian sebaliknya. Untuk menguatkan pendapatnya, penulis memaparkan bagaimana kemampuan akal Aisyah di usia muda sudah ikut membicarakan masalah hijrah yang dinilai cukup besar. Kepercayaan Rasulullah terhadap Aisyah dalam rapat mengenai hijrah membuktikan bahwa klaim wanita usia belum matang akalnya adalah keliru.

Kemudian, penulis dalam buku ini membeberkan bagaimana keistimewaan Aisyah di sisi Rasulullah Saw., bagaimana cinta Rasulullah Saw. terhadap Aisyah dan sebaliknya. Tak pelak lagi, uraian-uraian tentang cinta Rasulullah Saw. terhadap Aisyah semakin membuktikan bahwa pernikahan di usia dini bukanlah menjadi kendala dalam membina rumah tangga yang harmonis.

Tak hanya itu, dua bab terakhir dipostingkan dua artikel yang mendukung tentang nikah muda. Artikel “Nikah Muda...Siapa takut!” membeberkan keutamaan menikah dan anjuran-anjuran Rasulullah untuk menikah. Sedangkan satu artikel lagi menjelaskan “4 Kunci Rumah Tangga Harmonis”. Yaitu, jangan melihat ke belakang, berpikir objektif, lihat kelebihan pasangan, jangan lihat sebaliknya, dan sertakan sakralitas berumah tangga.

Buku ini cocok bukan hanya untuk remaja, tapi juga bagi siapa saja yang ingin mengetauhi kenapa Rasulullah menikahi Aisyah di usia muda dan keistimewaan Aisyah di sisi Rasulullah. Selamat membaca!

H. Rahmat Hidayat Nasution, Lc., Guru IIS DIM dan MTs Swasta Muallimin Univa

Tidak ada komentar: