Selamat Datang

Selamat datang dan selamat menikmati hidangan otak Anda. Blog ini khusus dirancang untuk Anda yang siap melahap dan mencari gizi-gizi buku yang bermakna.

Kamis, 11 Desember 2008

Sulitnya Menyunting Gadis Celeopatra

Judul : Jasmine
Penulis : Sholeh Gisymar
Penerbit : Yogyakarta, Idola Qta, 2008
Tebal : 118 Halaman


Berawal dari kesempatan bepergian ke Mesir yang menggoreskan banyak kenangan dan pengalaman membuat Sholeh Gisymar terinspirasi menuliskan kisah nyatanya tersebut. Kenangan yang diangkat dalam novel kali ini tentang perkenalan dan kedekatannya dengan seorang gadis pramuniaga yang memiliki nama Jasmine. Dapat dikatakan, penulis sedang kena panah cinta dengan ‘gadis celeopatra’ sehingga tak dapat melupakannya. Bukan karena kecantikan paras Jasmine yang membuat penulis terpikat, tapi karena dengan gadis itu dia bisa bercanda dan menguji kebolehannya bersyair.

Novel yang diberi judul Jasmine ini berbeda dengan novel penulis sebelumnya, Hamidah. Jika dalam Hamidah penulis mencoba mengeksplorasi romantisme, kerinduan dan gairah dengan gaya yang amat santun, dalam Jasmine batasan-batasan kesantunan itu sedikit diperlonggar. Selain itu, dari segi bahasa penulis mencoba mendekatkan gaya bahasanya dengan gaya bahasa orang Mesir, tempat sebagian besar setting novel ini. Meskipun gaya bahasa asli penulis yang terkenal puitik, metaforik dan mendayu-dayu tetap menjadi salah satu aksesoris novel ini.

Novel ini dapat dikatakan menitipkan pesan kepada siapa pun yang membacanya bahwa cinta adalah bahasa universal yang tak pernah mengenal kelas sosial, batas geografis dan geopolitik. Cinta adalah bahasa jiwa. Meskipun banyak juga manusia yang mencoba mengingkari universalitas cinta dengan membuat hukum-hukum yang berdasarkan logika. Padahal, siapa pun orangnya akan sepakat menyatakan bahwa cinta tidak dapat dilogikakan.

Karena itu, gagasan novel Jasmine ini tidak hanya berkisah tantang perempuan cantik, tapi juga tentang adat, budaya dan keyakinan bangsa Mesir. Ditambah lagi, novel ini adalah kisah nyata yang dapat diperkirakan nama dan tempat yang digunakan sebagaian besar adalah fakta. Barangkali, jalinan kisah dan alur yang digunakan yang hanya menggunakan imajinasi.

Pesan moral lain yang cukup menjadi perhatian tentang betapa beratnya adat dan syarat-syarat untuk menikahi gadis Mesir. Kisah nyata ini membongkar semua itu. Di antaranya, calon suami harus menyediakan sebuah rumah. Dan itu belum termasuk mahar. Alasan kenapa harus menyadiakan rumah hanyalah sebuah kekhawatiran jika si suami ternyata tidak bertanggungjawab, sehingga rumah itu menjadi simbol rasa aman dan perlindungan yang dibutuhkan seorang perempuan.

Selain itu, ‘energi positif’ lain yang dapat dipetik dari novel ini tentang pemahaman berumah tangga menurut masyarakat Mesir. Kehidupan rumah tangga tidak cukup hanya bermodalkan cinta, tidak cukup juga dengan pertimbangan suami-isteri saja. Di sinilah gambaran cinta itu menjadi semakin luas. Ia juga meliputi kepandaian, kemauan, kerja keras dan juga harga diri. Karena itu, jika seorang laki-laki ingin menikahi anak gadis, itu berarti ia juga ikut menikahi seluruh keluarganya. Sehingga, menurut masyarakat Mesir, menikahkan anak dengan orang asing dan dibawa ke negeri suaminya akan membuat terputusnya tali silaturrahim anak gadis dengan keluarganya.

Novel ini cocok dibaca para pecinta yang ingin melanjutkan hubungannya ke pernikahan. Karena pengalaman penulis yang merasakan betapa sedihnya ketika cinta tak berakhir di pernikahan menjadi pelajaran yang cukup berarti. Juga, novel ini layak dijadikan bacaan buat siapa saja yang ingin mengetauhi bagaimana kehidupan dan syarat-syarat untuk menikahi wanita Mesir. Selamat Membaca!

H. Rahmat Hidayat Nasution, Lc., Guru di IIS-DIM Medan dan Mts Swasta Muallimin Medan

1 komentar:

sitizubaidahmei mengatakan...

Assalamu'alaikum wr.wb
Maaf mengganggu bp .. saya penggemar novel Hamidah penulis sholeh gisymar, lebih tepatnya penggemar novel dri penulis Sholeh Gisymar, saya mau mendapatkan Novel HAMIDAH dan JASMINE ini dimna sya bisa mendapatkannya ya bp .. atau bp ada punya bukunya dan bisa titip dgn bp .. nanti hubungi saya yaa bapa .. saya sangat ingin membaca novel nya ..
Ini no hp saya bp 085252772033 sya dari Kalimantan Tengah, Palangkaraya. Mahasiswi di IAIN Palaangkaraya
Sebelumnya terimakasih bnyak bp dan sayaa tunggu kabarnya.
Wassalamu'alaikum