Selamat Datang

Selamat datang dan selamat menikmati hidangan otak Anda. Blog ini khusus dirancang untuk Anda yang siap melahap dan mencari gizi-gizi buku yang bermakna.

Senin, 18 Juni 2007

Mengejar Kesuksesan

 
Judul buku : Melesat; Mendahului Orang Lain Lewat Jalan Tol
Pengarang : Robbin
Penerbit : Kuadran, Surabaya
Cetakan : Februari 2007
Halaman : 96 halaman

Setelah bekerjasama dengan penerbit JABAL –penerbit yang mempublikasikan karya-karya para penulis dari Timur yang sifatnya motivator untuk menjadi orang sukses –, distributor BONE pustaka juga mengadakan kerjasama dengan penerbit Kuadran, yang juga menerbitkan buku-buku yang bertemakan kiat-kiat meraih kesuksesan, dalam memasarkan buku-buku. Tapi, yang menjadi dasar perbedaan kedua penerbit tersebut adalah para penulisnya. Penerbit JABAL menerbitkan buku-buku terjemahan dari para penulis muslim Timur, misalnya buku “Mengubah Takdir Mengubah Nasib”, karya DR. Muhammad Ghazali, sedangkan penerbit Kuadran menerbitkan buku-buku yang diterjemahkan dari para penulis Barat, karya Robbin yang berjudul “Melesat Mendahului Orang Lain Lewat Jalan Tol” misalnya.

Buku Robbin ini sungguh menarik, karena di samping memberikan motivasi yang cukup mendalam dalam meraih kesuksesan, juga disertai dengan kisah-kisah orang sukses yang tidak diduga akan bisa mencapai kesuksesan. Misalnya kisah Soichiro Honda dalam mendesain ‘ring piston’ untuk dijual dan diproduksi oleh ‘Toyota Corporation’. Usaha yang dilakukan Soichiro sungguh luar biasa. Berkali-kali mengalami kegagalan hingga membuat tangannya cacat, tapi itu tidak dijadikannya penghalang untuk mencapai target kesuksesan yang diharapkan. Setelah ‘jatuh-bangun’ dalam mendesain ‘ring-piston’, akhirnya ia berhasil juga dalam dua tahun. Namun itu juga tidak lama, karena terjadi perang dunia kedua sehingga membuat pabrik ‘ring-piston’ yang dibangunnya hancur dihantam bom-bom Amerika. Peristiwa tersebut tidak membuatnya putus asa, setelah pabriknya hancur dan negaranya, Jepang kekurangan bahan bakar. Soichiro Honda pun memiliki ide untuk memasang motor kecil di sepeda, dan ternyata ide tersebut mendapat simpati dan membuat masyarakat tertarik untuk memilikinya. Karena tidak ada modal untuk mendirikan pabrik motor, Suchiro pun mengajak para pemilik toko sepeda untuk bekerjasama. Akhirnya ia sukses kembali, dan bahkan mendapatkan penghargaan “Empero’s Award” dari pemerintah.

Jadi, dengan kesabaran dan terus melatih ide-ide untuk mencapai hasil yang dicapai adalah syarat mutlak untuk menggapai kesuksesan. Kegagalan bukan berarti penghalang dalam meraih kesuksesan. Sukses itu gampang, jika bisa mengenali langkah-langkahnya. Karena semua manusia punya ‘jatah’ kesuksesan. Bukankah setiap manusia itu memiliki ketrampilan? Dengan mengasah keterampilan terus menerus tak dipungkiri kesuksesan kian mudah dicapai.

Di samping buku ini menggunakan bahasa sederhana dan ringan, buku ini juga tak luput ‘menyelipkan’ rangsangan-rangsangan terhadap ‘otak kanan’ pembaca melalui gambar-gambar maupun kata-kata bijaksana. Sungguh, buku ini benar-benar membimbing pembaca menjadi orang sukses untuk mencapai apa yang diinginkan dan tidak lupa senantiasa mengarahkan kita untuk selalu bersyukur terhadap apa yang dicapai.

Buku ini memang mempunyai kekurangan, antara lain masalah editing dan tidak memiliki kata pengantar. Namun kekurangan tersebut, tidaklah menjadi penghalang dalam menyampaikan gagasan penulis yang brilian. Berbagai hal mengenai informasi mendapatkan kesuksesan dapat kita temukan di sini. Jadi, buku ini sangat menarik untuk dibaca. Selamat membaca!

Rahmat Hidayat Nasution, mahasiswa universitas Al-Azhar Kairo, Mesir, Fakultas Syariah Islamiyah, Tingkat IV.

Tidak ada komentar: