Selamat Datang

Selamat datang dan selamat menikmati hidangan otak Anda. Blog ini khusus dirancang untuk Anda yang siap melahap dan mencari gizi-gizi buku yang bermakna.

Kamis, 01 Januari 2009

Panduan Menulis Huruf Arab di Microsoft word

Panduan Menulis Huruf Arab di Microsoft word

Judul buku : Menulis Huruf Arab Dengan Microsoft Word
Penulis : M. Waluyo Hadi
Penerbit : PT Alex Media Kompitindo, Jakarta
Tahun Terbit : 2008
Tebal buku : 91 Halaman

PT Alex Media Komputindo kembali menampilkan sosoknya sebagai penerbit buku yang bukan hanya bergerak dalam bidang pendidikan anak dan remaja, tapi juga bergerak dalam pendidikan teknologi dan komputer. Dan, sosok itu kian jelas, kian kukuh, dan kian meyakinkan dengan terbitnya buku “Menulis Huruf Arab dengan Microsoft Word”. Buku yang belum pernah diterbitkan oleh penerbit lain dengan judul maupun tema yang sama. Tak ayal, penulis dan penerbit memang partner yang memperhatikan kebutuhan segmen pembaca.

Bagi masyarakat Islam Indonesia, pekerjaan tulis-menulis sering berkaitan dengan penggunaan huruf Arab. Karena, dalam kehidupannya selalu terkait dengan pedoman Al-Qur’ an dan Hadits yang keduanya menggunakan bahasa Arab. Namun, pada saat menulis teks Arab, sebagian besar masih menggunakan dengan tulis tangan. Selain itu, masih adanya anggapan bahwa menulis teks Arab dengan menggunakan komputer adalah pekerjaan sulit dan rumit. Hal inilah yang menjadikan ‘pondasi’ penulis, M. Waluyo Hadi untuk mengarang buku ini. Tujuannya, untuk menepis anggapan sukarnya menulis teks Arab di komputer. Bahkan penulis membuktikan bahwa menulis teks Arab dengan menggunakan komputer cukup mudah dan mampu menggunakan pilihan bentuk huruf yang sesuai keinginan sehingga menjadikan tulisan lebih indah.

Karena kebanyakan masyarakat menggunakan program komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows yang bukan Arabic Enabled dan aplikasi word yang juga bukan arabic, sehingga penulis memulai buku ini dengan cara mengenalkan bagaimana mensetting dan menginstalkan program Arabic dalam Microsoft Windows. Yaitu dengan mensetting arabic language melalui control panel. Lalu, memasukkan CD Microsoft Windows untuk menemukan arabic font yang ada di dalam software Microsoft Windows. Setelah itu, baru penulis memaparkan bagaimana lingkungan kerja Microsoft Word, cara menulis huruf Arab, memformat paragraf dan mencetak dokumen. Tak lupa, penulis juga mengupas tentang bagaimana memberi harakat atau tanda baca, pengetikan campuran antara latin dan Arab. Bahkan, untuk memudahkan semua itu penulis menyertakan stiker pembantu untuk dalam mengetik huruf Arab. Tujuannya, agar pembaca tidak bingung dalam mencari di mana letak huruf Arab di keyboard komputer atau notebook.

Buku ini akan semakin apik jika penulis mencantumkan bagaimana cara memasukkan model font Arabic yang didownload dari internet untuk dimasukkan dalam font tulisan yang terdapat dalam microsoft word. Namun, kekurangan tersebut tidak menjadi kendala yang begitu signifikan. Karena memang perhatian penulis lebih fokus pada mengenalkan bagaimana menulis huruf Arab di microsoft word.
Seperti yang tertulis di depan cover, buku ini, memang, cocok untuk pelajar muslim, santri-santri di pesantren, guru agama/ustadz, penulis buku-buku agama dan kalangan umum yang ingin belajar menulis huruf Arab di microsoft word. Karena itu, saya merekomendasikan Anda untuk ikut membacanya sebagai panduan maupun referensi dalam menulis huruf Arab. Selamat Membaca!
Peresensi: H. Rahmat Hidayat Nasution, Lc., Guru Al-Muhadatsah Al-‘Arabiyah di Mts Muallimin UNIVA Medan

7 komentar:

Anonim mengatakan...

o.....
dsr
untung d bloger lain di paparkan cara nulis arab
jangan cuman promosi buku mas

Anonim mengatakan...

setuju sama komen yang lama. mas ko ga kasih ilmunya aza, khan orang pada butuh ilmu bukan mau beli buku

Anonim mengatakan...

setuju sama komen yang lama. mas ko ga kasih ilmunya aza, khan orang pada butuh ilmu bukan mau beli buku

Anonim mengatakan...

setuju sama komen yang lama. mas ko ga kasih ilmunya aza, khan orang pada butuh ilmu bukan mau beli buku

Anonim mengatakan...

amal dong, mana softwarenya.......................

Anonim mengatakan...

biar dapat rejeki juga donk

ardhany mengatakan...

wah repot jg kalo segala sesuatunya harus bayar......