Selamat Datang

Selamat datang dan selamat menikmati hidangan otak Anda. Blog ini khusus dirancang untuk Anda yang siap melahap dan mencari gizi-gizi buku yang bermakna.

Minggu, 01 November 2009

Jalan Mulus Menjadi Penulis Kaya

Jalan Mulus Menjadi Penulis Kaya
Judul : Siapa Bilang Menjadi Penulis Itu Susah dan Nggak Bisa Kaya
Penulis : Ariyanto M.B
Penerbit : Briliant, Surabaya
Cetakan : I, Mei 2008
Tebal : xvi + 160 halaman

Setelah suksesnya Habiburrrahman El shirazy dan Andrea Hirata menjadi penulis tenar dan kaya, profesi penulis pun mulai ramai dibincangkan publik. Barangkali, karena kerjanya tampak mengasyikkan. Hanya dengan menuliskan ‘uneg-uneg’ lalu dipublikasikan melalui buku maupun surat kabar sudah bisa menghasilkan uang. Pantas, profesi menulis diklaim pekerjaan yang santai, tapi berpenghasilan lumayan dan besar.

Namun, perlu digaris bawahi. Untuk menjadi penulis kaya sangat dibutuhkan kerja keras dan analisis tajam. Karena substansi menulis sudah berubah status, tidak lagi berorientasi sekedar menulis atau pekerjaan sampingan. Penulis kaya ‘diwajibkan’ kerja keras dan terus mencari langkah-langkah instan yang bisa mendukungnya. Tapi, langkah-langkah tersebut tidak bermotif kecurangan. Tentunya, yang mampu menunjang keproduktifan menulis sehingga pendapatan yang dicapai terus meningkat.

Buku “Siapa Bilang Menjadi Penulis Itu Susah dan Nggak Bisa Kaya” ini mencoba mengajarkan “jalan-jalan” mulus menjadi penulis kaya. Sehingga cita-cita yang diimpikan dari profesi penulis, bisa membuktikan bahwa hidup dari mengumpulkan kata-kata mampu memperoleh kemakmuran, tanpa sibuk bekerja di bawah tekanan orang lain atau pihak tertentu.

Buku ini akan membantu siapa saja yang ingin menjadi penulis, dari yang belum pernah mencoba hingga yang sudah mencoba tapi masih merasa belum berhasil, karena tidak satu pun karyanya dimuat di surat kabar atau diterima penerbit. Ariyanto M.B membagi buku ini menjadi enam bagian: menulis itu mudah, belajar Menulis dari “Nol”, menembus media cetak, menulis buku populer, rahasia menembus penerbit, penulis juga bisa kaya, dan menjadi penulis yang bermartabat-bermanfaat-bermasyarakat.

Yang paling menarik dari buku ini, Ariyanto M.B membocorkan rahasia pribadinya untuk menjadi penulis kaya. Layak, jika buku ini bagaikan buku seri penuntun menjadi penulis kaya. Karena Ariyanto mengajarkan bagaimana menulis buku dalam rata-rata setiap bulan 2 judul buku, yang masing-masing judul ditulis dalam dua minggu. Menurut penulis, ada dua jalan yang mesti dilalui agar menjadi penulis kaya. Pertama, Siapkan mental, seperti memiliki niat dan tekad yang kuat. Karena kesiapan mental sangat penting, terutama dalam menjaga konsistensi dalam menyiapkan waktu untuk menulis, pemilihan metode penulisan dan tempat yang asyik untuk menyalurkan ide.

Kedua, harus berfikir dan berjiwa entrepreneur. Artinya, penulis yang berjiwa entrepreneur akan selalu memiliki keberanian dalam menghasikan karya sehingga mampu mengadakan sesuatu yang tidak ada menjadi ada, mampu mengoptimalkan berbagai sumber daya yang ada untuk kepentingannya, dan mampu menciptakan “mesin-mesin uang” untuk menambah penghasilannya. Sehingga penulis yang berjiwa entrepreneur akan memiliki ciri khas: selalu berproduksi dalam menghasilkan naskah, tidak bekerja sendirian dan selalu menciptakan peluang. (hal.79-80)

Walhasil, untuk menjadi penulis kaya juga harus banyak bergaul dengan masyarakat, meskipun inti pekerjaannya hanya menulis. Karena penulis yang kaya harus mampu membantu orang lain, dengan membuka peluang kerja dan peluang usaha. Misalnya, dengan mempekerjakan beberapa orang sebagai interviewer, asisten penulis, editor atau membuka bisnis toko buku sebagai salah satu sarana untuk mempublikasikan karya-karyanya dll. Sehingga hal ini yang bisa mengangkat harkat dan martabat penulis dengan memiliki penghasilan yang layak untuk menghidupi keluarganya dan bisa membantu orang lain.

Buku ini cocok untuk siapa saja yang ingin menjadi penulis dalam usaha menumbuhkan dan meningkatkan karyanya agar bisa menjadi penulis kaya. Sebab dalam buku ini, selain ‘jalan-jalan mulus’ menjadi penulis kaya, diuraikan juga cara mengirimkan tulisan ke penerbit hingga surat perjanjian antara penulis dan penerbit.

Rahmat Hidayat Nasution, Anggota Lembaga Baca Tulis (ElBeTe) SUMUT

Tidak ada komentar: